Langsung ke konten utama

Keuntungan dan Kerugian Berbisnis Makanan

Bisnis kuliner atau makanan adalah bisnis atau usaha yang selalu di pikirkan oleh hampir semua orang yang ingin memiliki bisnis sesuai dengan hobby memasak mereka atau kerabat terdekat yang pintar memasak . Karena tidak dapat di pungkiri kalau bisnis makanan ini selalu booming karena sudah pasti ada saja orang orang yang mencari makanan dan merupakan kebutuhan harian semua orang.

Keuntungan dan Kerugian Berbisnis Makanan

Tetapi yang perlu di pikirkan adalah jenis masakan atau makanan apakah yang ingin di jadi kan usaha atau bisnis yang menguntungkan. Karena tidak semua masakan atau makanan juga bisa di jadikan bisnis bukan?  Selera orang berbeda beda mungkin Anda sangat menyukai dendeng balado tetapi belum tentu makanan ini di gemari oleh orang lain.

Soal selera sudah pasti berbeda dan inovasi yang Anda tawarkan juga merupakan nilai plus untuk memulai bisnis makanan. Banyak sekali masakan atau makanan musiman yang di jadikan bidang usaha apabila Anda tidak berinovasi untuk mengembangkan usaha atau bisnis Anda dan pada saat masakan atau makanan ini sudah tidak musim lagi dapat di pastikan bisnis yang Anda jalankan tidak akan bertahan lama. Terus lah berinovasi dan mengembang kan bisnis makanan Anda dengan hal hal yang unik dan baru yang tidak di tawarkan di tempat lain.

Customer akan datang sendiri kepada bisnis Anda apabila Anda menawarkan hal yang unik dan baru yang belum ada di tempat lain. Apabila bisnis yang Anda tawarkan memuaskan customer, Anda tidak perlu lagi mempunyai marketing untuk usaha Anda, customer Anda lah yang akan mempromosikan bisnis Anda kepada kerabat kerabat terdekat mereka.

Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian berbisnis makanan:

Keuntungan:

1. Makanan pasti di butuhkan oleh semua orang 

Makanan adalah kebutuhan primer bagi setiap orang, semua orang pasti mencari makanan apalagi kalau makanan yang di jual atau di tawarkan itu rasanya enak dan tidak mengecewakan. Bisnis makanan memang akan selalu menjadi nomor satu di list karena hampir di setiap mall atau pusat belanja yang sudah pasti menyediakan café atau restaurant. Terkadang apabila rasanya biasa saja tetapi design yang di tawarkan bagus dan unik tempat ini akan tetap mengundang customer untuk datang.

2. Perputaran uang yang cepat 

Perputaran uang yang cepat ini adalah satu alasan kenapa para business man atau woman mencoba peruntungan mereka di dunia makanan, karena untuk mendapatkan keuntungan dan kerugian yang di dapat dari bisnis makanan ini dapat di lakukan dengan cepat tetapi terkadang cepat perputaran uang di bisnis ini membuat mereka terlena karena jangan lupa bahwa Anda harus menyisikan keuntungan Anda untuk perputaran bisnis Anda di kemudian hari.

Kerugian :

1. Perencanaan yang kurang matang 

Apabila Anda hanya memiliki satu menu andalan dan Anda membuka sebuah restaurant atau café ini adalah hal yang sangat tidak di sarankan. Untuk dapat memulai suatu usaha Anda seharusnya mempunyai banyak masakan unggulan yang di tawarkan karena selera orang sudah pasti berbeda beda. Tetapi apabila Anda hanya mempunyai satu menu unggulan alangkah baik nya jika Anda membuka usaha Anda secara online saja, selain modalnya jauh lebih kecil dan keuntungan yang di dapat juga lebih kecil tapi ini meminimalisir pemborosan biaya yang Anda keluarkan untuk bisnis Anda.

2. Membeli bahan baku 

Untuk bisnis kuliner, bahan baku yang dibutuhkan harus segar dan biasanya di sarankan untuk membelinya dalam waktu 2 hari sekali untuk kesegaran makanan yang Anda produksi. Anda tidak ingin kan customer Anda sakit karena makan masakan yang sudah basi. Apabila Anda sudah banyak membeli bahan baku tetapi pada beberapa hari tidak ada yang membeli masakan Anda kerugian yang Anda hadapi adalah pemborosan bahan baku yang sudah di siapkan.

Jadi semua ini sebenarnya harus terencana dan terplanning dengan baik agar bisnis yang Anda bangun dan tawarkan akan tetap berjalan lancar. Semoga sukses untuk memulai bisnis makanan Anda.

Postingan populer dari blog ini

Apakah Anda Tahu Apa Itu Quark? Inilah Hubungan Quark dengan Kesuksesan Anda

Quark mungkin terdengar asing di telinga Anda, sebenarnya apa sih arti dari quark itu sebenarnya?, kalau menurut Wikipedia pengertian quark itu adalah sebagaimana dijelaskan dalam model standar pada fisika partikel, gabungan antar Quark membentuk partikel komposit bernama Hadron. Partikel Hadron yang paling stabil berupa Proton & Neutron yang merupakan komponen pembentuk inti atom. Quark tidak pernah diteliti atau ditemukan secara langsung secara isolasi. Quark hanya ditemukan di dalam Hadron, seperti Barion, dan Meson.  Jadi apa sebenarnya hubungan dari quark dan kesuksesan Anda? Anda pasti bertanya tanya apa hubungannya dan maksud dari atom dan kesuksesan itu sendiri? Apakah Anda pernah membaca buku The Secret? Buku ini tentang hubungan antara kekuatan pikiran dengan apa yang akan terjadi di masa depan. Intinya adalah apa yang Anda pikirkan itu lah yang akan terjadi asalkan Anda selalu berpikir positive maka hidup Anda pun penuh dengan hal hal baik yang akan memudahkan And

Apakah Hukum Karma Itu Nyata? Yuk Kita Bahas Santai Secara Ilmu Ilmiah

Apakah sebenarnya arti hukum karma itu sebenarnya?, menurut Wikipedia Karma adalah konsep "aksi" atau "perbuatan" yang dalam agama Hindu dipahami sebagai sesuatu yang menyebabkan seluruh siklus kausalitas (yaitu, siklus yang disebut "samsara"). Konsep ini berasal dari India kuno dan dijaga kelestariannya di filsafat Hindu, Jain, Sikh dan Buddhisme.[2]. Dalam konsep "karma", semua yang dialami manusia adalah hasil dari tindakan kehidupan masa lalu dan sekarang. Efek karma dari semua perbuatan dipandang sebagai aktif membentuk masa lalu, sekarang, dan pengalaman masa depan. Sebenarnya apa hukum karma dan karma itu sendiri tergantung dengan keyakinan masing masing individu, karena di dalam setiap agama pasti akan berbeda pembahasannya. Tetapi kali ini kita akan membahas hukum karma bukan dari sisi agama melainkan dari sisi ilmiah dan logika saja, karena terlalu kompleks kalau membahas sesuai agama ya. Jadi hukum karma itu sebenarnya kumpulan

3 Jenis Usaha dan Penjelasannya yang bisa dilakukan Oleh Sang Pemilik Ruko

Ruko berasal dari kata rumah toko, apabila Anda berencana membeli ruko dua atau tiga lantai lantai atas dari ruko tersebut bisa Anda sewakan kembali dan lantai bawahnya bisa di jadikan tempat usaha misalnya Anda ingin membuka suatu tempat usaha yang menggunakan lantai bawah biasanya usaha yang cocok adalah café, restaurant atau toko kelontong tergantung kebutuhan lingkungan sekitar lokasi ruko yang Anda beli atau sewa. Lantai atasnya biasanya dapat di jadikan kantor. Anda dapat menyewakan kantor ini kepada orang lain sehingga keuntungan yang Anda dapat berkali lipat dan menguntungkan untuk Anda. Misalnya Anda membeli ruko tersebut dengan cara mencicil, maka uang sewa yang Anda dapatkan dari orang orang yang menyewa ruko Anda dapat Anda bayarkan untuk cicilan ruko Anda. Sangat menguntungkan bukan? Jadi pilih lah lokasi ruko yang strategis dan dapat Anda jadikan investasi untuk masa depan Anda. Jika melihat di jalan jalan besar sudah tidak asing lagi bangunan ruko pasti ada di ma